Antara Tradisionalitas Dan Modernitas: Membangun Paradigma Kemajuan Umat Islam Melalui Integrasi Epistemologi Barat Dan Islam

Main Article Content

Tirta Alim Wiliam Diaz Tirta

Abstract

This journal discusses the challenge of integrating tradition and modernity within the context of advancing the Muslim community in the era of globalization. By proposing a new paradigm that combines Islamic and Western epistemology, this study aims to explore how moral and ethical values can be integrated into education to develop competent and integrity-driven young leaders. The method used in this research includes a literature review and comparative analysis of educational practices in the Muslim world and Western scientific approaches. The findings indicate that education focused on critical thinking, innovation, and collaboration across various sectors can provide relevant solutions to contemporary challenges. Additionally, through intercultural dialogue and active participation in social and political dynamics, Muslims can build a more inclusive and progressive society. The conclusion of this study confirms that this new paradigm not only addresses the challenges faced by Muslims but also contributes to building a more harmonious and sustainable world.

Article Details

How to Cite
Tirta, T. A. W. D. (2024). Antara Tradisionalitas Dan Modernitas: Membangun Paradigma Kemajuan Umat Islam Melalui Integrasi Epistemologi Barat Dan Islam. Mazalat: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 78–89. Retrieved from https://mazalat.stisa-ashshofa.ac.id/index.php/jpi/article/view/16
Section
Articles

References

Abdul Wahid. “Psikoterapi Dan ‘the Agony of Modernization.’” Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam, 2011.

Abdullah, M Amin. “7. -3705-1-Sm,” n.d., 123–50.

Alkadafi, M Arsyad, M Akmal Fatkhan Rifqi, Tiara Ananda Maulidia, Arditya Prayogi, Ridho Riyadi, Imam Prayogo Pujiono, and Riki Nasrullah. “ISLAM DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN : SUATU TELAAH ISLAM AND ITS CONTRIBUTION TO THE DEVELOPMENT OF SCIENCE : A STUDY,” no. November (2024): 6325–34.

Cipta, Tentang Hak. 1 . Setiap Orang Yang Dengan Tanpa Hak Melakukan Pelanggaran Hak Ekonomi Sebagaimana Dimaksud Dalam Pasal 9 Ayat ( 1 ) Huruf i Untuk Penggunaan Secara Komersial Dipidana Dengan Pidana Penjara Paling Lama 1 ( Satu ) Tahun Dan / Atau Pidana Denda Paling Ban, n.d.

dikembangkan, serta selalu diperbarui, yang mengikat baik tampilan universal dan kosmoplitannya di satu pihak, dan tampilan lokal dan nasionalnya di lain pihak. Dua tradisi ini menyediakan sumber-sumber ide dan ilham yang berlimpah bagi kreativitas penganutnya. “Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Peradaban Melayu.” Dikembangkan, Serta Selalu Diperbarui, Yang Mengikat Baik Tampilan Universal Dan Kosmoplitannya Di Satu Pihak, Dan Tampilan Lokal Dan Nasionalnya Di Lain Pihak. Dua Tradisi Ini Menyediakan Sumber-Sumber Ide Dan Ilham Yang Berlimpah Bagi Kreativitas Pengan 14, no. 2 (2014): 189–212.

Fauziah, Mutiara, Zainuddin Zainuddin, Ujang Muhajir, and Iwan Sopwandin. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Berbasis Pendekatan Kolaboratif Dan Kekeluargaan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Tadbir Muwahhid 4, no. 2 (2020): 117. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2879.

Firdaus, Lusiana dan Wanda Alif. “Tantangan Dan Peluang Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 116–25.

Galanti, Geri‐Ann. “The Straight Path.” Anthropology of Consciousness 5, no. 4 (1994): 25–26. https://doi.org/10.1525/ac.1994.5.4.25.

H, Lola Hervina, and Nofa Isman. “Ilmuwan Muslim: Ibnu Sina Pelopor Aromaterapi Dan Destilasi Essential Oil.” Thaqafiyyat : Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam 21, no. 2 (2023): 174. https://doi.org/10.14421/thaq.2022.21205.

Harahap, Abdi Syahrial. “Epistemologi:Teori, Konsep Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Tradisi Islam.” Dakwatul Islam 5, no. 1 (2021): 13–30. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v5i1.204.

Helandri, Joni, and Supriadi Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 93–116.

Islam, Umat, Dalam Pusaran, and Politik Era. “Umat Islam Dalam Pusaran Politik Era Reformasi Oleh : DR . Okrisal Eka Putra , Lc , M . Ag Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” 2021.

Januari, Edisi. “Jurnal El-Qanuny -------------------------------------------------” 5 (2019): 45–62.

Johan, Budi, Farah Miftahul Husnah, Alfianti Darma Puteri, Hartami Hartami, Ahda Alifia Rahmah, and Anzili Rahma Jannati Adnin. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 4 (2024): 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.758.

Karimaliana, M Zaim, and H. E Thahar. “Pemikiran Rasionalisme : Tinjauan Epistemologi Terhadap Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Manusia.” Journal of Education Research 4, no. 4 (2023): 2486–96.

Keagamaan, Jurnal Kebijakan. “RELIGIOUS POLICY KOSMOPOLITANISME ISLAM : GAGASAN ISLAMIC COSMOPOLITANISM : THE VISION OF” 3 (2024): 66–90.

Laili, Husni, Hasan Asari, and Siti Zubaidah. “Bayt Al-Hikmah: Sejarah Transmisi Ilmu Pengetahuan Antar Peradaban.” Edu Riligia 3, no. 2 (2019): 195–206.

Latip Kahpi, Muhamad, Ali Syahbana Siregar, and Romadhon Sahru. “Dinamika Komunikasi Poltik Islam: Narasi Dan Dampak Dalam Konteks Politik Kontemporer.” Hikmah 18, no. 1 (2024): 1–130.

Manap, Abdul. Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Mitra Wacana Media, 2021.

Masykur, Fuad. “Metode Dalam Mencari Pengetahuan: Sebuah Pendekatan RasionalismeEmpirisme Dan Metode Keilmuan.” Tarbawi 1 (2019): 57–68.

Mindarto. “Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Nilai-Nilai Yang Terkandul Dalam Pancasila Reorientasi Identitas Demokrasi Indonesia Di Era Pasca Reformasi: Sebuah Ikhtiar Mewujudkan Daulat Rakyat.” Jurnal Kajian Lemhannas RI, no. 34 (2018): 1–87.

Mufidah, Diina, Agus Sutono, Iin Purnamasari, and Joko Sulianto. Integrasi Nilai Nilai Islami Dan Penguatan Pendidikan Karakter, 2022.

MUNANDAR, ARIS, and AHMAD HASAN RIDWAN. “Keadilan Sebagai Prinsip Dalam Ekonomi Syariah Serta Aplikasinya Pada Mudharabah.” Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 7, no. 1 (2023): 89. https://doi.org/10.15548/maqdis.v7i1.453.

Primayanti, Ade Imelda. “Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 12, no. 1 (2015): 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447.

Rahman, Fazlur. Islam & Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, 1982.

Salminawati, Fachri Husaini Hasibuan dan. “Epistemologi Perspektif Barat & Islam.” Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 11190–99.

Sari, Diana Ana. “Epistemologi Dalam Filsafat Barat.” Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 5, no. 1 (2020): 35–52. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i1.5685.

Setiani, Ardhani Widya, and Jovienca Hevianie Makkaraka. “Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa / I Tentang Al-Quran” 4 (2024): 10–12.

Sopwandin, Iwan, and Isep Nendri Rostiana. Pendidikan Inklusi. 1st ed. Yogyakarta: Selat Media, 2024. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gIkDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA17&dq=info:YGyYb8htWrAJ:scholar.google.com&ots=Cn20226lkY&sig=An_sYGPWFhAG2bVYNDknPkBFRsc.

Ujang Saefullah, H. “KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DAN AGAMA Perpustakaan Nasional-Katalog Dalam Terbitan (KDT),” 2020, 18–19.